HMPS-IAN Fisip Unwar Gelar Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa Nasional dan Siswa/i SMA/SMK se-Bali

Tanggal Rilis 19 August 2021

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (HMPS-IAN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa (Fisip Unwar) menyelenggarakan Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa Nasional dan Siswa/i SMA/SMK se-Bali dengan mengusung tema “Perspektif Kaum Muda Terhadap Kebijakan Publik” pada Kamis, 19 Agustus 2021 secara online dan offline yang berpusat di Ruang Sidang Sri Kesari Warmadewa Mandapa.

Dalam lomba ini dibantu dengan adanya juri yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dalam membantu proses penilaian berdasarkan kriteria lomba yang sudah di tentukan. Adapun 4 juri tersebut :

  • I Made Sudiana, S.S., M.Hum. (Balai Bahasa Provinsi Bali)
  • I Kadek Dwi Mahendra Putra, S.E., M.M. (Owner Pondok Piranti Grup)
  • I Gede Anom Prawira Suta, S.T., M.T. (KNPI Bali)
  • I Gede Eko Putra Sri Sentanu,Ph.D (Universitas Brawijaya)

Hari ini merupakan Grand Final Lomba Pidato yang mempertemukan masing-masing 5 peserta terbaik dari yang sudah terpilih, yang akan memperebutkan piala bergilir lomba pidato HMPS-IAN. Sebelumnya jumlah peserta keseluruhan sebanyak 17 orang siswa/i SMA/SMK se-Bali dan sebanyak 22 orang mahasiswa nasional.

Ketua HMPS-IAN Fisip Unwar Ida Bagus Gde Nanda Hartawan mengatakan walaupun masih di terpa dengan badai pandemi Covid-19, tidak membuat semangat panitia surut dalam berkreatifitas dan juga melaksanakan program kerja HMPS-IAN Fisip Unwar yaitu lomba pidato tingkat SMA/K se-Bali & mahasiswa nasional. “Lomba pidato pada kali ini mengusung tema perspektif kaum muda dalam kebijakan publik yang dimana kita sebagai anak muda pembawa perubahan atau yang disebut agen of change dapat memberikan pemikiran kita terkait kebijakan publik saat ini , dimana juga kita membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik yang lebih baik bagi seluruh elemen lapisan masyarakat”, ungkapnya. Lomba pidato ini juga dilaksanakan setiap 1 tahun sekali dan dimana tahun ini yang menyasar ke tingkat mahasiswa nasional dan telah diikuti oleh beberapa PTN/PTS di seluruh penghujung tanah air, lomba pidato ini sangat berguna untuk mengasah soft skill anak muda di dalam public speaking, untuk menambah wawasan dan melatih mental anak muda dalam berbicara di depan umum.

Dekan Fisip Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa Fisip Unwar merupakan salah satu fakultas di Perguruan Tinggi yang ada di Bali secara konsisten mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan yang di gagas oleh HMPS-IAN Fisip Unwar ini merupakan kegiatan lomba pidato yang dilaksanakan setiap tahunnya, dimana pada tahun ini adalah tahun kelima dalam penyelenggaraannya. Kegiatan lomba pidato ini selain bertujuan untuk memperkenalkan FIsip Unwar khususnya di masyarakat khususnya di kalangan pelajar siswa-siswi SMA/SMK yang khususnya berada di Bali, juga bertujuan untuk menjaring dan melahirkan bibit-bibit prestasi pelajar SMA/K khususnya di Bali maupun prestasi mahasiswa tingkat nasional di bidang lomba pidato serta di tahun ini pelaksanaannya selain mengundang peserta SMA/K se-Bali juga mengundang peserta mahasiswa di tingkat nasional.

Kegiatan-kegiatan lomba seperti ini akan terus diselenggarakan kedepannya sehingga setiap SMA/SMK di Bali mampu memberikan pengalaman bahkan prestasi bagi siswa/i dan mahasiswa khususnya di bidang lomba pidato.
“Bagi peserta lomba pidato tingkat SMA/K yang memperoleh juara 1,2 dan 3 akan mendapatkan kesempatan khusus langsung diterima tanpa jalur testing di Fisip Unwar nantinya dan kami juga akan memfasilitasi penerimaan beasiswa bagi calon mahasiswa yang benar-benar berprestasi baik di tingkat regional, nasional bahkan international. Bahkan di tahun kelima ini juga melibatkan mahasiswa di tingkat nasional yang dimana nantinya prestasi yang diraih di tingkat mahasiswa ini dapat berguna bagi lemabaga masing-masing khususnya dalam menunjang akreditasi di bidang prestasi mahasiswa”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.